Minggu, 18 November 2018 | 15:56 WIB

Sambut Internet Super Cepat Teknologi 5G

Sudah sekitar 5 tahun Indonesia menikmati era internet 4G untuk kebutuhan berselancar di dunia maya. Sejauh ini, internet 4G sudah memberikan dampak yang cukup signifikan bagi berbagai sektor kehidupan manusia, mulai dari ekonomi, keinginan mengakses informasi dan berita, sampai ke hiburan semata. Hampir seluruh generasi, baik tua dan muda kini membutuhkan internet, berbeda dengan waktu 10 atau 20 tahun lalu di mana televisi dan media cetak adalah sumber informasi, berita dan hiburan yang dinilai paling mudah dinikmati.

Setelah era 4G, teknologi internet kembali memasuki fase baru dengan diluncurkannya internet 5G yang diklaim lebih cepat 20x lipat dari 4G. Sebenarnya, apa keistimewaan 5G dibandingkan 4G, selain dari kecepatan?

Internet Tanpa Jeda
Sejatinya, 5G akan tetap memungkinkan Anda berkirim pesan, menelpon, browsing internet dan streaming video. Sama seperti yang saat ini masih kita lakukan. Perbedaannya, browsing internet akan terasa tanpa jeda, begitu pula video baik streaming di Youtube, atau video call di Skype, Facetime dan sebagainya. Seluruh aktivitas dunia maya akan terasa sangat lancar dan tanpa jeda, sehingga semua tampak instan. Saat 5G menggantikan koneksi kabel di rumah, perbedaan yang sangat terasa adalah seluruh device yang terhubung tidak akan mengalami gangguan seperti internet melambat karena pengguna terlalu banyak.

Pemberdayaan GPS Optimal
Latensi yang kecil memungkinkan penggunaan GPS secara real-time. Artinya, petunjuk arah akan menjadi lebih meyakinkan dan lebih minim resiko tersasar. Baik industri logistik ataupun pemakai peta online sehari-hari akan sangat diuntungkan. Ke manapun Anda ingin berada, GPS dengan internet 5G akan mengarahkan Anda dengan tepat, cepat dan akurat. Jika memungkinkan, proyek mobil otomatis tanpa pengemudi juga makin diuntungkan dengan adanya internet 5G.

Sistem Perbankan yang Akurat
Saat internet 5G rampung, diperkirakan sebuah ATM dapat beralih daya menjadi cabang pembantu dengan dukungan lengkap. Penggunaan video call/conference dengan koneksi 5G secara real-time adalah ide untuk menjadikan mesin ATM lebih dari tempat penarikan uang saja. Pencatatan transaksi dengan latensi yang jauh lebih rendah berarti meminimalisir terjadinya keterlambatan pencatatan transaksi, sebuah hal yang sangat diperlukan oleh industri perbankan dimana pemrosesan transaksi terjadi secara masif namun harus tercatat secara tepat.

Bagaimana dengan Indonesia?
Lewat momentum Asian Games 2018, Telkomsel adalah provider pertama yang akan mendemonstrasikan teknologi internet 5G miliknya. Sejumlah persiapan telah dilakukan, termasuk membangun jaringan dan menyediakan device yang mendukung 5G.
Uji coba pertama 5G dilakukan di area GBK, Senayan sejak 2017 silam. PihakTelkomsel mengklaim bahwa area GBK kini termasuk area eksklusif 5G yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Para ahli teknologi memperkirakan, di akhir tahun 2019, internet 5G akan menjadi standar baru bagi para pengguna internet di Indonesia.


Editor :
Dibaca 5423 | 0 Komentar
Silahkan Masuk atau Daftar untuk mengirim komentar
KOMENTAR
Ada 0 Komentar untuk Artikel ini Urutkan Berdasarkan:
Sosial & Budaya
Otomotif
Jumat - 20/05/2016 13:43 WIB
Institut Otomotif Indonesia Resmi Berdiri