Sabtu, 14 Desember 2019 | 15:35 WIB

Mempersiapkan Diri Untuk Olahraga Lari

Demam Asian Games tentu membawa pengaruh positif untuk kita semua, terutama yang baru memantapkan diri untuk mulai berolahraga.Dari berbagai jenis olahraga, olahraga lari termasuk jenis yang paling mudah dilakukan dan memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh.

Olahraga lari membantu memperkuat kinerja jantung, mengurangi berat badan bagi orang yang memiliki kelebihan berat badan dan menambah stamina sehingga tubuh tidak cepat lelah.Selain itu, olahraga lari membantu mencegah osteoporosis dan baik bagi kesehatan lutut.

Jika Anda merasa bahwa sekarang adalah saat terbaik untuk mulai berlari, ada baiknya Anda mempersiapkan diri agar aktivitas olahraga lari jadi lebih maksimal.Berikut adalah beberapa persiapan yang menjadi rekomendasi untuk olahraga lari.

Sepatu yang tepat

Meskipun olahraga lari mudah dilakukan, alat yang digunakan haruslah tepat.Sepatu lari berbeda dengan sepatu biasa.Menemukan sepatu lari yang tepat bukan sekedar mencari sepatu yang enak dilihat saja, namun juga harus enak dipakai.Sepatu yang digunakan haruslah pas ukurannya, tidak kebesaran, tidak pula kekecilan.Setelah itu, pilihlah sepatu lari yang alasnya kesat, tujuannya agar saat berlari di tempat basah dan licin, Anda tidak mudah terjatuh.

Komitmen yang kuat

Memulai kebiasaan baru bukanlah hal yang mudah, apalagi kita harus keluar dari zona nyaman.Anda membutuhkan komitmen yang kuat agar dapat tetap termotivasi dan mengubah kebiasaan.Sebagai permulaan, Anda dapat menggunakan sistem kalender atau aplikasi khusus.Misalnya, tetapkan hari Senin, Rabu dan Jumat untuk berlari sekitar 15 menit.Usahakan untuk mematuhi aturan yang sudah dibuat ini.Perlahan, kitaa kanmenjadikan hal ini sebagai satu kebiasaan yang perlu kita lakukan.

Pemanasan adalah keharusan

Sebelum berlari, Anda wajib melakukan pemanasan agar otot-otot tubuh tidak bekerja keras secara spontan.Pemanasan yang baik berkisar selama maksimal dua menit.Tidak perlu pemanasan ekstrim seperti merenggangkan kaki lebar-lebar, cukup angkat salah satu kaki dan tahan selama beberapa detik, dilanjutkan ke kaki sebelahnya.Setelah itu cukup memutar-mutarkan badan kekiri dan kekanan, meluruskan kedua tangan dan Anda sudah siap untuk berlari.

Meningkatkan waktu & jarak

Tidak ada orang yang langsung menjadi pelari hebat, semua butuh proses. Mungkin saat ini Anda adalah pelari pemula yang hanya sanggup berlari 10 menit, namun dengan kegigihan, kelak waktu da njarak berlari akan terus bertambah. Jika Anda tekun dan menjadikan olahraga lari sebagai kebiasaan, secara otomatis tubuh akan beradaptasi dan membuat waktu dan jarak lari Anda jadi lebih lama dan jauh. Tapi, jangan serta merta menggandakan waktu dan jarak lari secara serampangan.Misalnya, minggu depan berlari 20 meni tdari awalnya hanya 10 menit. Gunakan rumus 10% per minggu agar tubuh tidak kaget.Contoh: mingguini lari 10 menit, 10% dari 10 menit adalah 1 menit. Minggu depan Anda harus berlari 11 menit.

Atur ritme berlari

Meskipun namanya olahraga lari, bukan berarti Anda harus nonstop berlari.Selingi dengan berjalan untuk mendinginkan tubuh dan menormalkan detak jantung ketika Anda merasa sudah sangat lelah.Anda juga dapat mengkombinasikan gerakan lari dan jalan.Misalnya, setelah 1 menit berlari, lanjutkan dengan berjalan selama 2 menit, baru berlari kembali.Cara ini sangat efektif membakar lemak dan menurunkan berat badan.


Editor :
Dibaca 31969 | 0 Komentar
Silahkan Masuk atau Daftar untuk mengirim komentar
KOMENTAR
Ada 0 Komentar untuk Artikel ini Urutkan Berdasarkan:
Otomotif
Jumat - 20/05/2016 13:43 WIB
Institut Otomotif Indonesia Resmi Berdiri
Sosial & Budaya