Selasa, 22 Oktober 2019 | 09:09 WIB

Rio Haryanto Kembali Beraksi di Sirkuit de Barcelona-Catalunya

Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, berada di grid jelang balapan GP Rusia di Sochi Autodrom, Minggu (1/5/2016).

Formula 1 2016 memasuki seri kelima pada akhir pekan ini. GP Spanyol akan digelar di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, 13-15 Mei.

Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, akan kembali memacu MRT05. Pada seri terakhir di Rusia, dua pekan lalu, Rio gagal finis karena tertabrak mobil Nico Hulkenberg pada lap pertama.

Setelah balapan di Rusia, Rio tinggal di Barcelona. Pada tiga seri sebelumnya, dia biasanya menyempatkan diri kembali ke Indonesia.

"Saya mencoba untuk kembali ke Indonesia setiap ada kesempatan, tetapi kenyataannya, itu terlalu jauh ketika kita balapan di Eropa. Jadi, saya akan tinggal di Barcelona selama beberapa bulan," kata Rio dalam rilis yang dikeluarkan Manor Racing.

Bagi Rio, Spanyol sudah seperti negara kedua. Saat masih mengikuti GP2 Series, pebalap 23 tahun tersebut juga banyak tinggal di sana.

"Saya sangat suka di Barcelona. Cuaca di sini bagus dan kotanya keren dengan banyak tempat menarik yang bisa dipakai untuk latihan. Pelatih saya orang Spanyol, jadi dia tahu semua tempat terbaik," ujarnya menambahkan.

Rio akan menjalani balapan pertamanya di sirkuit ini dengan motor Formula 1. Namun, sebelum Formula 1 2016 digelar, Rio dan pebalap lainnya menjalani tes pramusim di sana.
 
Dari empat balapan yang sudah digelar musim ini, Rio dua kali berhasil finis, pada GP Bahrain dan GP China. Pada seri pertama di Australia, dia gagal finis karena ada masalah mesin.

"Saya senang dengan hasil sejauh ini. Saya mengalami sedikit ketidakberuntungan, tetapi secara umum beberapa balapan kemarin berakhir positif buat saya," ujar Rio.

Pebalap kelahiran Solo tersebut mengaku banyak belajar dari balapan-balapan sebelumnya. Dia juga merasa kecepatannya terus meningkat.

"Kamu belajar untuk mengesampingkan rasa kecewa dan menjadikannya sebagai tambahan semangat pada balapan berikutnya," ujarnya.

Rio mengenal Sirkuit de Barcelona-Catalunya dengan cukup baik. Dia berharap bisa mendapatkan kecepatan yang bagus dan melihat bagaimana paket mobilnya bekerja di sana.

Sumber : Kompas.com
Editor : editor
Dibaca 21151 | 0 Komentar
Silahkan Masuk atau Daftar untuk mengirim komentar
KOMENTAR
Ada 0 Komentar untuk Artikel ini Urutkan Berdasarkan:
Otomotif
Jumat - 20/05/2016 13:43 WIB
Institut Otomotif Indonesia Resmi Berdiri
Sosial & Budaya